101 Alasan Mencintai Indonesia

345

cover-buku-101-alasan-mencintai-indonesiaNusantara merupakan lintasan waktu. Geografi Nusantara menyuguhkan kekayaan alam yang terbentuk sejak ribuan tahun silam. Waktu seolah berhenti ketika kekayaan alam mewujud menjadi “ibu bumi”. Sang ibu yang tenang-takzim, memesona mata batin, tapi menyimpan daya yang mahadahsyat.

Di sinilah, berkembang peradaban-peradaban yang memanfaatkan setiap jengkal bumi berkolaborasi dengan alam pikir manusia masa lampau dan eksplorasi modern. Inilah yang menjadi 101 akar cinta Indonesia.

Soal Indonesia adalah soal mencintai. Mencintai berarti berkembang bersama. Hal ini secara jelas dinyatakan dalam alinea IV Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945. Bukan tanpa alasan jika dalam alinea itu dinyatakan “…melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia…”. Melindungi dapat diumpamakan seperti merawat dan mendidik anak, di mana ada perlindungan yang mutlak diperlukan sepanjang pertumbuhan anak tersebut. Seturut pertumbuhan umur, cara melindunginya juga berkembang.

Dengan karakter seperti ini, mencintai Indonesia adalah masalah yang amat besar, luas, dan bersifat antargenerasi. Tongkat estafet upaya mencintai ini dilakukan secara baik dari pendiri terus sampai generasi ratusan tahun ke depan. Mohammad Hatta, pendiri bangsa dan wakil presiden Indonesia pertama, terkenal dengan ujarannya bahwa mencintai Indonesia perlu cinta yang amat besar dan luas, karena Indonesia juga amat bhinneka dan besar.

LEAVE A REPLY