Henry Thomas Simarmata, Senior Advisor PSIK-Indonesia, mendukung pengembangan dan kerja sama dalam studi konstitusionalisme, keindonesiaan, representasi dalam masyarakat plural, peran intelektual dalam masyarakat dan pemerintahan, kebijakan publik. Di lapangan publik, saat ini juga menjadi associated counsel di Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres), dan dalam tim kajian di Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP).

Dalam lapangan internasional, aktif dalam bidang hukum internasional melalui APIL (Associated Program for International Law), dan IHCS (Indonesian Human Rights Committee for Social Justice) sebagai senior advisor; dalam bidang kajian regional dan kerja sama antar-pihak melalui Asia Exchange Institute.

Aktif sebagai tutor dan peneliti hukum di berbagai lembaga pendidikan tinggi internasional, termasuk di NCHR-Universitas Oslo (sebagai visiting scholar tahun 2014), dalam pengembangan riset dan pengajaran hukum di College of Law, South China Technology University, dalam kajian dan pengembangan hukum di Fakultas Hukum Universitas Atma Jaya Yogyakarta dan Fakultas Hukum Universitas Janabadra.

Aktif juga dalam bidang kajian filsafat-politik-ekonomi (PPE, Philosophy-Politics-Economics) dalam Prodi Ekonomi-Universitas Sanata Dharma Yogyakarta dan PPE Institute.

Juga, menjadi special counsel di Lamria, Ecoline and Partners (LEP), Jakarta.

Karyanya termasuk buku “Negara Kesejahteraan dan Globalisasi” (kepala tim penulis PSIK-Indonesia), Akuntabilitas Sosial (bersama dengan KID-Komunitas Indonesia untuk Demokrasi), dan karya akademik dalam bidang konstitusionalisme, tata pemerintahan global, dan historiografi Nusantara.

LEAVE A REPLY