Prof. Dr. M. DAWAM RAHARDJO

952

dawamDawam Rahardjo lahir di Solo, 20 April 1942. Ia dikenal sebagai ekonom dan tokoh yang berani memperjuangkan pluralisme dan Islam yang inklusif. Selain itu, Dawam juga dikenal sebagai ahli ekonomi, pengusaha, budayawan, cendekiawan, aktifis LSM, pemikir Islam dan juga penafsir.

Menyelesaikan studi strata 1 di Fakultas Ekonomi Universitas Gadjah Mada (1969). Pada 1993, ia menjabat sebagai Guru Besar Ekonomi Pembangunan di Universitas Muhammadiyah Malang, dan sekaligus menjadi Rektor Universitas 45 di Bekasi. Pernah memimpin Jurnal Ilmiah Prisma, Direktur LP3ES (Lembaga Penelitian dan Pembangunan Ekonomi-Sosial), Lembaga Studi Ilmu-Ilmu Kemasyarakatan, Lembaga Studi Pembangunan (LSP), Pusat Pengembangan Masyarakat Agrikarya (PPMA), dan Lembaga Studi Agama dan Filsafat (LSAF). Saat ini terlibat sebagai Associate Senior Advisor di Pusat Studi Islam dan Kenegaraan-Indonesia (PSIK-Indonesia).

Beberapa karyanya yang terkenal antara lain Esai-esai Ekonomi Politik (1983), Perspektif Deklarasi Mekah: Menuju Ekonomi Islam (1987), Etika Bisnis dan Manajemen (1990), Intelektual, Intelegensia, dan Perilaku Politik Bangsa: Risalah Cendekiawan Muslim (1993), Habibienomics: Telaah Pembangunan Ekonomi (1995), Masyarakat Madani: Agama, Kelas Menengah dan Perubahan Sosial (1999), Islam dan Transformasi Sosial Ekonomi (1999), Islam dan Transformasi Sosial Budaya (2002), Ensiklopedia Al-Quran: Tafsir Sosial Berdasarkan Konsep-Konsep Kunci (2002), Paradigma Al-Qur’an: Metodologi dan Kritik Sosial (2005), dan Nalar Ekonomi-Politik Indonesia (2011).

 

SHARE
Artikel SebelumnyaCHANDRA SAPUTRA P.
Artikel SelanjutnyaFACHRUROZI

LEAVE A REPLY