Toto Sugiarto lahir di Kuningan, Jawa Barat, 17 Februari 1973. Meraih gelar sarjana di bidang Teknik Informatika dari STMIK Swadharma (Swadharma School of Computer Science), Jakarta pada 1999. Lalu memperoleh gelar Magister Humaniora dari Sekolah Tinggi Filsafat Driyarkara, Jakarta, pada 2006. Sejak 2017, tercatat sebagai Mahasiswa Program Doktoral, Ilmu Filsafat, Universitas Indonesia.

Antara Februari 1999-Desember 1999, tercatat sebagai pegawai pada Laboratorium Ilmu Politik, Department of Political Science, Universitas Indonesia, Jakarta. Pengalaman dan pengetahuannya di bidang ilmu politik membuatnya dipercaya menduduki posisi Direktur Eksekutif Soegeng Sarjadi Syndicate (SSS), Jakarta, pada 2008-2014; lalu Peneliti Senior pada Para Syndicate pada 2014-2016, dan sejak 2016 hinga kini sebagai Direktur Eksekutif Riset Indonesia.

Sejak 2012-sekarang telah terlibat dalam berbagai aktivitas pengawasan partisipatif pemilu dan pilkada di Bawaslu, seperti: Timsel rekrutmen Pimpinan Bawaslu Provinsi, Anggoat Kelompok Kerja Dana Kampanye Bawaslu RI, Timsel rekrutmen Pimpinan Bawaslu Kabupaten Kota; dan Anggota Pokja Kelompok Kerja Verifikasi Parpol di Bawaslu RI.

Saat ini tercatat sebagai pengajar Filsafat Politik di Universitas Paramadina Jakarta dan Perguruan Tinggi Ilmu Al-Quran (PTIQ) Jakarta. Selain mengajar, ia mendedikasikan ilmu pengetahuannya dengan bekerja sebagai Analis pada Exposit Strategic dan terlibat sebagai peneliti di Pusat Studi Islam dan Kenegaraan Indonesia (PSIK-Indonesia).

Mempunyai perhatian tinggi terhadap masalah-masalah Pemilihan Umum dengan menulis di berbagai media antara lain: Indeks Kerawanan Pemilu (IKP), Peneliti dan Kontributor, Jakarta, Bawaslu: 2017; Menuju Daftar Pemilih yang Berkualitas. Jurnal Bawaslu DKI Jakarta. 2016; Quo Vadis Pengawasan Pemilu. Jurnal Bawaslu. 2015; “Kaleidoskop Politik 2012”. (Contributor). Jakarta: Soegeng Sarjadi Syndicate (SSS), 2012; Membangun Daerah, Membangun Republik: Sebuah Peta Ekonomi (kontributor). Jakarta: Soegeng Sarjadi Syndicate, 2010; dan The Syndicate Speaks Out (kontributor). Jakarta: Soegeng Sarjadi Syndicate, 2007. Tulisan-tulisan lain juga telah dipublikasikan di ratusan tulisan di harian Kompas, Media Indonesia, Koran Tempo, Bisnis Indonesia, Suara Pembaruan, dan lain-lain.

Ia dapat dihubungi melalui alamat email: totosugiarto@risindonews.com.

SHARE
Artikel SebelumnyaPolitik Cerdas Pikir

LEAVE A REPLY