Salah satu hasil kerja sama Kemenko PMK, FES Kantor Perwakilan Indonesia, dan PSIK Indonesia di tahun ini adalah terbitnya buku Imajinasi Nusantara: Budaya Lokal dan Pengetahuan Tradisional dalam Masyarakat Indonesia Kontemporer.

Seperti judulnya, buku ini berisi kekayaan budaya dan kearifan lokal yang menggambarkan kecerdasan bangsa Indonesia dalam meneroka, merespons, dan beradaptasi dengan lingkungannya.

Budaya lokal dan pengetahuan tradisional dapat menjadi modal besar bagi pembangunan bangsa. Di satu sisi, budaya dan pengetahuan tradisional ini terbukti ampuh dan berguna selama bertahun-tahun membantu masyarakat yang bersangkutan dalam kehidupannya.

Di sisi lain, mengetahui budaya dan pengetahuan tradisional membantu kita untuk lebih memahami siapa diri kita. Pengetahuan akan diri kita sendiri ini sangat penting untuk memberi pijakan yang kuat bagi langkah kita ke depan.

Selain itu, setiap wilayah memiliki tantangan dan persoalannya sendiri sehingga butuh pemecahan masalah yang sesuai. Dalam hal ini, budaya lokal dan pengetahuan tradisional yang memuat rekaman bagaimana manusia berinteraksi dengan lingkungan dan sesamanya merupakan sumber nilai dan pengetahuan yang sangat berharga.

Untuk menggali lebih dalam dan mendiskusikan materi yang tersaji di dalam buku, PSIK Indonesia menggelar acara Bincang Buku Imajinasi Nusantara.

Rincian acara sebagai berikut.

Narasumber:

  1. Henry Thomas Simarmata (Peneliti PSIK Indonesia)
  2. Jafar Fakhrurozi (Penggiat dan Peneliti Sastra, Dosen Universitas Teknokrat Indonesia)
  3. Ria Putri Palupijati (Staf Center for Studies on Inclusive Education Sekolah Tumbuh)

Moderator: Mahfudzoh (Alumni Sekolah Harmoni Indonesia Lebak)

Waktu: Kamis, 21 Oktober 2021 pukul 15.00-17.00

Acara diselenggarakan via ZOOM dengan link: bit.ly/BINCANGBUKU

Disiarkan secara langsung melalui Youtube: bit.ly/Livebincangbuku

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.